Vrydag 19 April 2013

macam-macam dan jenis scanner

MACAM MACAM SCANNER

jenis-jenis scanner






Scanner merupakan periferal komputer yang berguna untuk memindai (men-scan) gambar atau dokumen dalam bentuk teks di atas kertas kedalam dokumen komputer atau file komputer.

scanner terbagi menjadi 2 :
Hand-held Scanner Scanner yang cara penggunaannya memakai tangan untuk menscan objek, scanner ini biasanya dipakai pada supermarket yang ada di kasirnya saat pembayaran barang.
Plated Bed Scanner yaitu scanner yang penggunaannya dengan cara
meletakkan objek yang akan discan diantara lensa dan cover. Jenis scanner ini
banyak di pakai di kantor.

Langkah-langkah menginstl scanner :

1. saat scanner menyala dan sudah di konekkan dengan komputer maka komputer mendeteksi ada device baru yang belum di kenal dengan di tandianya munculnya gambar yang bertuliskan wellcome to the found new hardware wizard. Disana akan terdapat pilihan, anda pilih yes, this time only kemudian next.

2. Pilih install the Software automatically (Remmendedd).

3. Sebelum klik next masukkan terlebih dahulu CD drivernya. Setelah memasukkan CDnya dan klik next maka akan muncul sebuah gambar yang bertuliskan Pleace Select The Best Match For Yuor Hardware From The List Below.

4. Proses install akan berjalan secara otomatis, namun dalam tahapan tertentu kita diminta untuk mengisi nama user dan organisasi. Dan pada Lecencing Agreement pastikan kita menjawab dengan I Agree atau I Accept, yang artinya kita setuju untuk menginstal scanner tersebut.

5. Setelah itu akan muncul gambar dengan tulisan Completing The Found New Hardware Wizard.

6. Klik Finish. Kemudian instalasi diproses dan setelah selesai akan muncul gambar Congratulasion! Yang menandakan kalau proses Instalasinya sudah berhasil.



langkah-langkah menggunakan scanner :

1. Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.
2. Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiiman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
3. Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.
4. Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.

Scanner

Pemindai atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:
  • pemindai gambar
  • pemindai barcode
  • pemindai sinar-X
  • pemindai cek
  • pemindai logam
  • pemindai Optical Mark Reader (OMR)
  • pemindai 3 Dimensi
Di antara jenis-jenis pemindai tersebut, pemindai gambar adalah yang paling sering disebut sebagai pemindai.
Seperti halnya pada pemindai OMR, pemindai gambar juga dapat digunakan sebagai pemindai Lembar Jawaban Komputer (LJK). Agar hal tersebut dapat tercapai, dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi Digital Mark Reader (DMR).
Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, pemindai gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu:
  1. Flatbed
    Pada pemindai gambar Flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.
  2. Automatic Document Feeder (ADF)
    Pada pemindai gambar Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan pemindai Automatic Document Feeder (ADF) adalah:
  • kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam
  • dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan
  • dengan imprinter, pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai
  • sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen
Macam-macam Scanners
Scaner mengubah data dalam bentuk tertulis atau gambar menjadi data dalam format pada komputer dapat disimpan atau diproses sebagai data.  Haswil scaner berupa gambar yang dapat di simpan, dimodifikasi, dan dapat dikirim sebagai e-mail seperti yang bisa dilakukan pada file yang lain.
Resolusi dan optical character recognition (OCR).
  • Fasilitas, kualitas dan kecepatan scanner
Hasil dari scanner biasanya berbentuk RGB ( Red Green Blue ) yang dapat diubah menjadi gambar yang berformat JPEG, TIFF, Bitmap, dan PNG.
  • Beberapa scanner dapat kita buat dalam data berbentuk teks menggunakan optical character recognition (OCR).
OCR software digunakan untuk mengubah hasil scanner menjadi data dalam bentuk teks yang dapat diatur dengan word processor.
Resolusi dari scanner biasanya adalah dots per inch (dpi ). Seperti printer, lebih tinggi dpi dapat diartikan kualitas gambar yang lebih baik.
Penghubung dan Kabel
  • Unutk menghubungkan data , scanner dan computer harus  ada penghubung yang tepat.
  • Penghubung dan Kabel  yang digunakan sama yang digunakan  untuk printer
Jenis – jenis Scanner Berdasarkan Manfaat Dan Cara Penggunaannya:
1. Flat bed

Jenis ini banyak ditemui karena harga yang relative murah dan cocok untuk pemakaian pribadi. Scanner ini berbentuk persegi panjang, memiliki papan penutup, dan lapisan kaca tempat meletakkan gambar. Cara pengoperasiannya diletakkan secara mendatar.
2. Handheld


Jenis ini membutuhkan keterampilan yang lebih dari penggunanya. Pengguna dengan tangannya akan menggerakan scanner ini di atas gambar yang akan dibacanya. Karena proses pembacaan data oleh scanner sangat sensitif, maka gambar yang dihasilkan kualitasnya kurang baik, akibat kecepatan gerakan yang tidak rata. Umumnya scanner jenis ini bersifat monochrome, atau tepatnya hanya dapat menghasilkan warna hitam putih saja.
3. Automatic Document Feeder
Jenis ini memiliki kelebihan kemudahan dalam penggunaan. Kita dapat meletakkan gambar-gambar yang akan dibaca, selanjutnya alat ini secara otomatis akan mengambil sendiri gambar-gambar tersebut dan membacanya, untuk selanjutnya disimpan sebagai file digital. Harganya sudah tentu lebih mahal dibanding jenis flat bed. Jenis ini memang cocok untuk perkantoran yang memiliki banyak gambar yang akan di-scan.
4. Drum

Jenis ini adalah jenis-jenis yang awal dikembangkan . Jenis ini menggunakan photomultiplier tubes (PMT) untuk membaca data gambar. Jenis ini menghasilkan kualitas yang lebih baik di banding jenis lainnya. Namun karena harganya relatif mahal, maka jenis ini sudah tidak banyak digunakan. Banyak orang beralih menggunakan jenis flatbed berkualitas tinggi. Tetapi jenis ini masih tetap digunakan oleh pihak-pihak yang membutuhkan kualitas yang baik, seperti museum atau seniman yang akan menyimpan hasil kerja seninya.
Berdasarkan Objek Yang Dipindai :
1.Image Scanner. Scanner yang digunakan untuk memindahkan gambar atau image.
2.Optical Character Reader (Ocr). Scanner yang digunakan untuk mengambil teks dari kertas yang dipindahi.
3.Barcode Scanner. Scanner yang mampu membaca balok – balok barcode dalam bentuk alphabet.
4.Heuristik Scanner. Scanner yang dapat membaca kode – kode berdasarkan aturan
Daya dan menghubungkan Scanner
  • Scanner dapat dihubungkan ke kompter menggunakan a USB, FireWire, network, atau  parallel port. Beberapa scanner bisa dihubngkan mengunakan SCSI interface.
  • Beberapa scanner bisa menggunakan daya yang diperlukan dengan USB atau penghubung.
  • Koneksikan power pada Ac power. Scanner yang tidak termasuk printer menggunakan adapter AC.
  • Setelah scaner keluarkan dari wadahnya, hubungkan dengan sumber listrik dan kabel data.
Install dan memperbaharui divice driver
  • Pertama, scanner dihubungkan dan dimulai, komputer oreating system mampu untuk menemukan Plug and Play (PnP) process.
  • Install driver software dari pabrik.
Website Pabrik bisa menyediakan  up-to-date software.
Configuration Options and Defaults
Perlindungan scanner dan printer
Printer dan scanner mempunyai banyak bagian ang dapat bergerak yang mudah rusak.
Bersikan kedua piranti ini secara teratur untuk mencegah penurunan hasil kerja, dan biaya perbaikan yang mahal.
Perlindungan scanner
Scanner eharusnya dijaga kebersihannya. Jika kaca menjadi berdebu. Unut melindungi dari kerusakan scanner jangn dibersihkan dengan spray. Bersihkan dengan kain yang halus.
Jika bagian dalam kotor periksa petunjuk bagaiman membuka kaca dari scanner. Jika mungkin bersihkan kedua sisi. Ketika tidak digunakan, jaga scanner tetap tertutup.
Masalah Printers dan Scanners
Step 1 MEndapatka data dari pengguna
  • Informasi pengguna
Company name, contact name, address, phone number
  • Printer atau scanner information
Manufacturer, model, OS, network environment, connection type
  • Deskripsi dari masalah
Step 2 Memahami masalah
Beberapa dari inverstigasi atau menjadikan penggunaan mengkonfrimasi yang termasuk:
  • Loose cable connections
  • Errors on equipment display
  • Errors on computer screen
  • Equipment power
  • Out of paper
  • Printer queue
  • Paper jams
  • Low ink warning
Step 3 Mencoba cara penyelesaian cepat
  • Masalah Printer atau scanner problems bisa berasl darihardware atau  software.
  • Solusi cepat hardware:
Restart the printer or scanner              Restart the computer
Ensure printer doors are closed           Reconnect the cables
Check printer for paper jams                Reseat paper in trays
Open and close printer trays
  • Quick software solutions to try:
Print from another application
Remove all print jobs from the queue: Start > Printers and Faxes > double-click the printer > Printer > Cancel All Documents
Step 4 mendapat data dari komputer
The data gathered from the computer can be used to confirm the data obtained from the customer.
  • Ensure the correct printer is selected as default.
  • Check that the correct services are running.
  • Check print monitor.
  • Ensure there are no hardware issues in Device Manager.
  • Ensure the printer or scanner is configured correctly in the Control Panel.

Step 5 Evaluasi masalah dan imnpletasi masalah
If necessary, research and prioritize other possible solutions, from the easiest to implement to the most difficult.
  • Go to the manufacturer’s website to get the most recent information about the printer or scanner:
Known issues with hardware
Latest version of the drivers
Proper driver for software platform
Latest version of utilities and software
Note: Try each solution one at a time. If a solution is tried and the problem is not fixed, then the technician should totally reverse the attempted solution before proceeding to the next step.

Step 6 Pendekatan dengan pengguna
  • Closing with the customer is the final step in the troubleshooting process.
Complete the work order.
Communicate what the problem was and how it was fixed.
Have the customer test the solution and verify that the printer or scanner is working correctly.
  • Complete all documentation and prepare an invoice for the customer, if applicable.
Include the problem, the solution, the time it took to resolve the problem, and your contact information

  1. Flat bed
    Jenis ini adalah jenis yang paling banyak dijumpai, karena harganya relatif paling murah, cocok untuk penggunaan pribadi. Jenis ini dapat dicirikan dari bentuknya yang persegi panjang. Memiliki sebuah papan penutup, dan lapisan kaca tempat meletakkan gambar. Untuk menggunakannya anda harus meletakkan gambar satu persatu untuk setiap pengambilan gambar.

  2. utomatic Document Feeder
    Jenis ini memiliki kelebihan kemudahan dalam penggunaan. Anda dapat meletakkan gambar-gambar yang akan dibaca, selanjutnya alat ini secara otomatis akan mengambil sendiri gambar-gambar tersebut dan membacanya, untuk selanjutnya disimpan sebagai file dijital. Harganya sudah tentu lebih mahal dibanding jenis flat bed. Jenis ini memang cocok untuk perkantoran yang memiliki banyak gambar yang akan di-scan.


  3. andheld
    Jenis ini membutuhkan keterampilan yang lebih dari penggunanya. Pengguna dengan tangannya akan menggerakan scanner ini di atas gambar yang akan dibacanya. Karena proses pembacaan data oleh scanner sangat sensitif, maka gambar yang dihasilkan kualitasnya kurang baik, akibat kecepatan gerakan yang tidak rata. Umumnya scanner jenis ini bersifat monochrome, atau tepatnya hanya dapat menghasilkan warna hitam putih saja.

  4. Drum
    Jenis ini adalah jenis-jenis yang awal dikembangkan . Jenis ini menggunakan photomultiplier tubes (PMT) untuk membaca data gambar. Jenis ini menghasilkan kualitas yang lebih baik di banding jenis lainnya. Namun karena harganya relatif mahal, maka jenis ini sudah tidak banyak digunakan. Banyak orang beralih menggunakan jenis flatbed berkualitas tinggi. Tetapi jenis ini masih tetap digunakan oleh pihak-pihak yang membutuhkan kualitas yang baik, seperti museum atau seniman yang akan menyimpan hasil kerja seninya.

Sabtu, 17 Desember 2011

Cover Majalah Dangdut


Cara membuat cover majalah
Langkah 1
Atur dulu layout settingnya

Langkah 2
Warnailah background dan setelah itu beri teks seperti pada gambar di bawah ini

Langkah 3
Kemudian beri teks seperti pada gambar di bawah ini

Langkah ke 4
Beri foto pada gambar majalah tersebut seperti gambar di bawah ini


Rabu, 30 November 2011

membuat teks efek mafia boods

Teks EFEK MAFIA BLOOD
Publish: 2 Maret 2010 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE tutorial

Pada Tutorial Teks Effect dengan Photoshop kali ini kita akan belajar membuat efek Mafia Blood seperti dalam film maupun game THE GODFATHER dengan sedikit tambahan darah biar terkesan lebih ciamik. Efek teks ini cocok untuk cover buku majalah maupun cover cd dan salah satu teks efek teks fantastis yang lain dari ilmuGrafis :)

Sebelum kita memulai, terlebih dahulu download dan instal fonts CARLEONE pada photoshop anda, Silahkan download di Koleksi Fonts IG atau cari di google Service

Berikut langkah langkahnya:

1. buka Photoshop anda, pilih new, OK
Untuk Backgroud terserah anda, tp disini saya menggunakan Warna Favorit penulis yaitu Hitam (Black) tambahkan gradasi agar terlihat lebih Gloosy
Caranya menambahkan Gradasi bisa dikembangkan dari Tutorial Membuat Gradien Background
Gunakan Font CORLEONE dan ketik teks yang anda inginkan, warnanya gunakan warna putih
image properties of ilmugrafis.com


2. Tambahkan efek
Layer aktif di Teks lalu Klik Layer > Layer Styles > Blending Options
tambahkan pengaturan ini:
image properties of ilmugrafis.com

image properties of ilmugrafis.com

image properties of ilmugrafis.com


3. Sekarang kita tambahkan blood brush ke dalam Photoshop
Blood Brush bisa didownload disini
Cara mengInstal Brush ke Photoshop ada di Pemasangan dan Penggunaan Brush Photoshop Lengkap

Setelah Blood Brush terinstal ke Photoshop, buat Layer Baru dengan menekan Shift + Ctrl + N,
Nama: Layer 1, Ok
semprotkan brush ke layer 1
Ubah Color Overlay brush ke warna merah
hasilnya:
image properties of ilmugrafis.com

Setelah mendapat gambar yang kurang lebih seperti di atas maka ubah mode layer brush ke Multiply
setelah itu tekan CTRL + ALT + G
Kata mbah tarno temannya mbah google wkwkwk, Tolong dibantu ya - Simsalabim jadi apa... Plok plok plok
image properties of ilmugrafis.com
Jadilah Tulisan Berdarah Blood Teks IlmuGrafis - The Mafia Style Text

Ganti backgroundnya ke yang lebih seram biar lebih cadas (cieh bahasanya gan)
misal: background mafia , bisa cari - cari di google service
ini background mafia yg saya contohkan
the mafia

Vrydag 12 April 2013

ilmu tentang multimedia

  1. Multimedia
o Pengertian (Sudatha, 2009) :
Menurut Barker dan Tucker (1990) multimedia adalah kumpulan dari berbagai media yang digunakan untuk presentasi. Hackbarth, Philips, Chapman dan Chapman mendefinisikan multimedia sebagai penyampaian informasi secara interaktif dan terintegrasi yang mencakup teks, gambar, suara, video, animasi.
oSejarah Multimedia (Sudatha, 2009) :
Sebelum tahun 1980, multimedia digunakan untuk presentasi dalam menyajikan materi pelajaran. Setelah tahun 1980, multimedia berkembang menjadi hypermedia, hypertext, digital melalui satu antarmuka (a single interface) yang menekankan pada menciptakan, menyimpan, menyajikan, mengakses kembali informasi teks, grafik, suara, video, animasi.
Pada saat ini, multimedia digunakan dalam penyajian pembelajaran melalui komputer dengan menggabungkan beberapa media.
o Manfaat Multimedia
Sudatha (2009) mengemukakan bahwa dengan multimedia maka pembelajaran akan berlangsung dengan baik, efektif, dan menyenangkan, karena dapat menarik minat dan perhatian siswa.
o Fungsi Multimedia (Sudatha, 2009) :
* Alat bantu instruksional,
* Tutorial interaktif,
* Sumber petunjuk belajar,
* Pembuatan proyek.
o Bentuk Multimedia (Sudatha, 2009) :
* Chapman dan chapman mengatogerikan multimedia menjadi :
·Online delivery
Menggunakan jaringan baik lokal, organisasi, dan internet untuk menyampaikan informasi.
·Offline delivery
Menggunakan alat penyimpanan untuk informasi, contoh : kaset, cd, dvd, dll..
o Keuntungan Multimedia (Sudatha, 2009) :
* Mengurangi waktu dan ruang,
* Menghindari hilang file,
* Memberi akses dokumen dalam waktu yang bersamaan,
* Memberi informasi multidimensi dalam organisasi,
* Mengurangi waktu dan biaya dalam pembuatan foto,
* Memberikan kecepatan informasi yang diperlukan melalui visual dan audio.
o Model-model Multimedia (Sudatha, 2009) :
* Tutorial
Model yang menyajikan pembelajaran secara interaktif dengan diajarkan, dijelaskan dan berinteraksi. Ciri : mencakup informasi pelajaran, memusatkan perhatian, mengandung informasi terbaru, menyajikan konsep sedikit demi sedikit, pemberian umpan balik, penggunaan strategi yang berbeda dalam proses pemahaman siswa.
* Drill and practice
Model yang menekankan pada penguasaan materi melalui latihan dan parktik. Ciri : ada kesempatan untuk melatih diri, ada arahan yang jelas, sudah diajarkan sebelumnya, memperkuat dan memperbaiki kesalahan, jawaban pendek dan cepat, perhatian pada satu keterampilan, tingkat keluwesan dan ketelitian yang tinggi, melatih kecepatan dalam memperoleh dan menyimpan data, serta memilih permasalahan dengan pemecahannya.
* Simulasi
Model yang memudahkan pemahaman terhadap suatu konsep dan menghilangkan resiko dalam belajar. Ciri : ada skenario, gambar kualitas tinggi, jawaban rasional, petunjuk jelas, analisis yang cepat dan kritis, alternatif jawaban.
* Games
Model yang bertujuan meningkatkan motivasi belajar, memberikan penguatan atas kompetensi yang sudah dikuasai siswa yang menekankan pada pengembangan, penguatan, dan kreatifitas. Ciri : ada penjelasan, menarik, ada hubungan sebab akibat, ada ringkasan dan hiburan.
* Hybrid
Model yang menggabungkan beberapa multimedia, menekankan pada pengembangan pembelajaran secara komprehensif.
Bidang Apa Saja yang Bisa Ditekuni di Multimedia?
Karena banyaknya bidang yang bisa ditekuni di bidang multimedia, daftar ini kemungkinan besar tidak lengkap.
  • Desain Grafis dan Ilustrasi
Bidang ini entah mengapa paling marak di Indonesia. Mengajarkan tentang warna, tipografi, psikologi. Contoh dari tugas tugasnya adalah membuat komik, karikatur, poster, mewarna pakai cat air.
Software yang dipakai : Photoshop, Illustrator, Freehand, Color Scheme generator.
Karir: Graphic Designer, Illustrator, Manga Artist, Karikatur.
  • Audio atau Musik
Apakah ini termasuk multimedia? Menurut saya, iya. Banyak sekolah yang mengajarkan musik sebagai bidang yang berdiri sendiri, tapi banyak juga sekolah multimedia yang mengajarkan musik sebagai salah satu aspek yang mensupport bidang bidang lain. Contoh dari tugasnya: Membuat lagu (digital ataupun analog), membuat background music untuk game, film.
Software yang dipakai: Cubase4, Music Maker, berbagai macam alat musik.
Karir: Oskestra, singer, band, pengamen (serius ini, istilahnya Serious Street Performers, biasanya jualan CD juga), sound effect maker.
  • Game Design dan Development
Mempelajari berbagai macam type game, scenario, bahasa pemgrograman game. Untuk penjurusan di bidang game, penulis menganjurkan untuk mengambil murid spesifik di bidang game tertentu (genre), misalnya : 2d, 3d, casual game, role playing game, multiplayer game.
Software yang dipakai : Flash, Bahasa C, Maya, 3D Max.
Karir: Game Designer, Level Designer, Producer, Programmer, 3d Artist, Tester
  • 3d Designer dan Animator
Terlihat sangat menarik, tapi termasuk sulit, orang-orang yang menekuni bidang ini biasanya detail oriented.
Contoh dari tugasnya: Mempelajari biologi makhluk hidup, terutama untuk karakter, animation, membuat kota 3D
Software yang dipakai: Maya, 3D Max, Avid, After Effect.
Karir: Di broadcast (TV), animator, 3D logo designer, character designer, animator.
  • Film
Membuat film, mewawancara, scenario, cinematography.
Contoh dari tugasnya: Membuat film pendek, mewawancarai orang, mengedit video clip
Software yang dipakai: Avid, Adobe After Effect
Karir: Broadcast(TV), Producer, Animator, Kameraman, Editor, Actor.
  • Multimedia Management
Saat semua penjurusan lain mengurusi tentang hasil, bidang ini berkonsentrasi di bidang management. Planning, produksi, finansial dan komunikasi adalah sedikit contoh tentang apa yang akan dipelajari.
Karir: Event manager, theatre manager, visual art and design, project manager di perusahaan multimedia.
  • Interaction Design atau User Experience
Interaction design (sepertinya bahasa Indonesianya bukan design interaksi, jadi saya akan tetap “ngeyel” untuk memaka istilah interaction design) mempelajari tentang interaksi antara manusia dan alat elektronik.
Contoh tugas tugasnya: Membuat konsep tentang interaksi di website, handphone, membuat prototype produk
Software yang dipakai: Microsoft Visio, Flash, HTML, Director
Karir: Interaction Designer, User Experience, Consultant, Usability Tester
  • Human Computer Interaction
Bidang ini mirip dengan interaction design, hanya jauh lebih technical. Mempelajari tentang teknik baru untuk mengakomodasi manusia dalam hidupnya.
Contoh tugasnya: Membuat robot, belajar bahasa pemrograman.
Software yang dipakai: Microsoft Visio, Java IDE (kalau memakai bahasa pemrograman Java), barang2 elektronik seperti solder.
Karir: Penemu, Interaction Designer, User Experience, Consultant, Programmer
  • Web Design and Development
Bidang ini berkonsentrasi dalam membuat website, biasanya tidak tersedia untuk 4 tahun pelajaran, hanya merupakan salah satu cabang penjurusan (tahun ketiga dan keempat).
Contoh tugasnya: Membuat webdesign, membuat website application, membuat Flash website.
Bahasa pemrograman yang digunakan: HTML, CSS, JavaScript, c#(.net), Java, Php, query database, Action Script.
Karir: web designer, web developer, web application engineer, software engineer.
  • Fotografi
Bidang ini juga biasanya adalah bidang penjurusan, termasuk bidang mahal karena harga alat alatnya yang tak terjangkau oleh mahasiswa mahasiswi yang *biasanya* miskin.
Contoh tugasnya: Foto, memfoto dan memfoto lagi, dan mengedit foto
Alat yang digunakan: Digital/analog SLR Camera, Tripod, Lensa
Karir: Photographer panggilan (pernikahan, etc), buka foto studio, fotographer untuk majalah, freelance fotographer.
Gelar apa yang akan didapat?
Gelar multimedia banyak sekali, contoh:
1.Bachelor of Art and Technology (biasanya hanya s1, s2 harus sudah penjurusan)
2.Bachelor/Master of Interactive Multi Media
3.Master of Science in Human Computer Interaction
4.Sarjana Seni

komunitas multimedia



MACAM MACAM SCANNER

jenis-jenis scanner






Scanner merupakan periferal komputer yang berguna untuk memindai (men-scan) gambar atau dokumen dalam bentuk teks di atas kertas kedalam dokumen komputer atau file komputer.

scanner terbagi menjadi 2 :
Hand-held Scanner Scanner yang cara penggunaannya memakai tangan untuk menscan objek, scanner ini biasanya dipakai pada supermarket yang ada di kasirnya saat pembayaran barang.
Plated Bed Scanner yaitu scanner yang penggunaannya dengan cara
meletakkan objek yang akan discan diantara lensa dan cover. Jenis scanner ini
banyak di pakai di kantor.

Langkah-langkah menginstl scanner :

1. saat scanner menyala dan sudah di konekkan dengan komputer maka komputer mendeteksi ada device baru yang belum di kenal dengan di tandianya munculnya gambar yang bertuliskan wellcome to the found new hardware wizard. Disana akan terdapat pilihan, anda pilih yes, this time only kemudian next.

2. Pilih install the Software automatically (Remmendedd).

3. Sebelum klik next masukkan terlebih dahulu CD drivernya. Setelah memasukkan CDnya dan klik next maka akan muncul sebuah gambar yang bertuliskan Pleace Select The Best Match For Yuor Hardware From The List Below.

4. Proses install akan berjalan secara otomatis, namun dalam tahapan tertentu kita diminta untuk mengisi nama user dan organisasi. Dan pada Lecencing Agreement pastikan kita menjawab dengan I Agree atau I Accept, yang artinya kita setuju untuk menginstal scanner tersebut.

5. Setelah itu akan muncul gambar dengan tulisan Completing The Found New Hardware Wizard.

6. Klik Finish. Kemudian instalasi diproses dan setelah selesai akan muncul gambar Congratulasion! Yang menandakan kalau proses Instalasinya sudah berhasil.



langkah-langkah menggunakan scanner :

1. Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.
2. Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiiman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
3. Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.
4. Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.

Scanner

Pemindai atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:
  • pemindai gambar
  • pemindai barcode
  • pemindai sinar-X
  • pemindai cek
  • pemindai logam
  • pemindai Optical Mark Reader (OMR)
  • pemindai 3 Dimensi
Di antara jenis-jenis pemindai tersebut, pemindai gambar adalah yang paling sering disebut sebagai pemindai.
Seperti halnya pada pemindai OMR, pemindai gambar juga dapat digunakan sebagai pemindai Lembar Jawaban Komputer (LJK). Agar hal tersebut dapat tercapai, dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi Digital Mark Reader (DMR).
Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, pemindai gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu:
  1. Flatbed
    Pada pemindai gambar Flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.
  2. Automatic Document Feeder (ADF)
    Pada pemindai gambar Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan pemindai Automatic Document Feeder (ADF) adalah:
  • kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam
  • dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan
  • dengan imprinter, pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai
  • sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen
Macam-macam Scanners
Scaner mengubah data dalam bentuk tertulis atau gambar menjadi data dalam format pada komputer dapat disimpan atau diproses sebagai data.  Haswil scaner berupa gambar yang dapat di simpan, dimodifikasi, dan dapat dikirim sebagai e-mail seperti yang bisa dilakukan pada file yang lain.
Resolusi dan optical character recognition (OCR).
  • Fasilitas, kualitas dan kecepatan scanner
Hasil dari scanner biasanya berbentuk RGB ( Red Green Blue ) yang dapat diubah menjadi gambar yang berformat JPEG, TIFF, Bitmap, dan PNG.
  • Beberapa scanner dapat kita buat dalam data berbentuk teks menggunakan optical character recognition (OCR).
OCR software digunakan untuk mengubah hasil scanner menjadi data dalam bentuk teks yang dapat diatur dengan word processor.
Resolusi dari scanner biasanya adalah dots per inch (dpi ). Seperti printer, lebih tinggi dpi dapat diartikan kualitas gambar yang lebih baik.
Penghubung dan Kabel
  • Unutk menghubungkan data , scanner dan computer harus  ada penghubung yang tepat.
  • Penghubung dan Kabel  yang digunakan sama yang digunakan  untuk printer
Jenis – jenis Scanner Berdasarkan Manfaat Dan Cara Penggunaannya:
1. Flat bed

Jenis ini banyak ditemui karena harga yang relative murah dan cocok untuk pemakaian pribadi. Scanner ini berbentuk persegi panjang, memiliki papan penutup, dan lapisan kaca tempat meletakkan gambar. Cara pengoperasiannya diletakkan secara mendatar.
2. Handheld


Jenis ini membutuhkan keterampilan yang lebih dari penggunanya. Pengguna dengan tangannya akan menggerakan scanner ini di atas gambar yang akan dibacanya. Karena proses pembacaan data oleh scanner sangat sensitif, maka gambar yang dihasilkan kualitasnya kurang baik, akibat kecepatan gerakan yang tidak rata. Umumnya scanner jenis ini bersifat monochrome, atau tepatnya hanya dapat menghasilkan warna hitam putih saja.
3. Automatic Document Feeder
Jenis ini memiliki kelebihan kemudahan dalam penggunaan. Kita dapat meletakkan gambar-gambar yang akan dibaca, selanjutnya alat ini secara otomatis akan mengambil sendiri gambar-gambar tersebut dan membacanya, untuk selanjutnya disimpan sebagai file digital. Harganya sudah tentu lebih mahal dibanding jenis flat bed. Jenis ini memang cocok untuk perkantoran yang memiliki banyak gambar yang akan di-scan.
4. Drum

Jenis ini adalah jenis-jenis yang awal dikembangkan . Jenis ini menggunakan photomultiplier tubes (PMT) untuk membaca data gambar. Jenis ini menghasilkan kualitas yang lebih baik di banding jenis lainnya. Namun karena harganya relatif mahal, maka jenis ini sudah tidak banyak digunakan. Banyak orang beralih menggunakan jenis flatbed berkualitas tinggi. Tetapi jenis ini masih tetap digunakan oleh pihak-pihak yang membutuhkan kualitas yang baik, seperti museum atau seniman yang akan menyimpan hasil kerja seninya.
Berdasarkan Objek Yang Dipindai :
1.Image Scanner. Scanner yang digunakan untuk memindahkan gambar atau image.
2.Optical Character Reader (Ocr). Scanner yang digunakan untuk mengambil teks dari kertas yang dipindahi.
3.Barcode Scanner. Scanner yang mampu membaca balok – balok barcode dalam bentuk alphabet.
4.Heuristik Scanner. Scanner yang dapat membaca kode – kode berdasarkan aturan
Daya dan menghubungkan Scanner
  • Scanner dapat dihubungkan ke kompter menggunakan a USB, FireWire, network, atau  parallel port. Beberapa scanner bisa dihubngkan mengunakan SCSI interface.
  • Beberapa scanner bisa menggunakan daya yang diperlukan dengan USB atau penghubung.
  • Koneksikan power pada Ac power. Scanner yang tidak termasuk printer menggunakan adapter AC.
  • Setelah scaner keluarkan dari wadahnya, hubungkan dengan sumber listrik dan kabel data.
Install dan memperbaharui divice driver
  • Pertama, scanner dihubungkan dan dimulai, komputer oreating system mampu untuk menemukan Plug and Play (PnP) process.
  • Install driver software dari pabrik.
Website Pabrik bisa menyediakan  up-to-date software.
Configuration Options and Defaults
Perlindungan scanner dan printer
Printer dan scanner mempunyai banyak bagian ang dapat bergerak yang mudah rusak.
Bersikan kedua piranti ini secara teratur untuk mencegah penurunan hasil kerja, dan biaya perbaikan yang mahal.
Perlindungan scanner
Scanner eharusnya dijaga kebersihannya. Jika kaca menjadi berdebu. Unut melindungi dari kerusakan scanner jangn dibersihkan dengan spray. Bersihkan dengan kain yang halus.
Jika bagian dalam kotor periksa petunjuk bagaiman membuka kaca dari scanner. Jika mungkin bersihkan kedua sisi. Ketika tidak digunakan, jaga scanner tetap tertutup.
Masalah Printers dan Scanners
Step 1 MEndapatka data dari pengguna
  • Informasi pengguna
Company name, contact name, address, phone number
  • Printer atau scanner information
Manufacturer, model, OS, network environment, connection type
  • Deskripsi dari masalah
Step 2 Memahami masalah
Beberapa dari inverstigasi atau menjadikan penggunaan mengkonfrimasi yang termasuk:
  • Loose cable connections
  • Errors on equipment display
  • Errors on computer screen
  • Equipment power
  • Out of paper
  • Printer queue
  • Paper jams
  • Low ink warning
Step 3 Mencoba cara penyelesaian cepat
  • Masalah Printer atau scanner problems bisa berasl darihardware atau  software.
  • Solusi cepat hardware:
Restart the printer or scanner              Restart the computer
Ensure printer doors are closed           Reconnect the cables
Check printer for paper jams                Reseat paper in trays
Open and close printer trays
  • Quick software solutions to try:
Print from another application
Remove all print jobs from the queue: Start > Printers and Faxes > double-click the printer > Printer > Cancel All Documents
Step 4 mendapat data dari komputer
The data gathered from the computer can be used to confirm the data obtained from the customer.
  • Ensure the correct printer is selected as default.
  • Check that the correct services are running.
  • Check print monitor.
  • Ensure there are no hardware issues in Device Manager.
  • Ensure the printer or scanner is configured correctly in the Control Panel.

Step 5 Evaluasi masalah dan imnpletasi masalah
If necessary, research and prioritize other possible solutions, from the easiest to implement to the most difficult.
  • Go to the manufacturer’s website to get the most recent information about the printer or scanner:
Known issues with hardware
Latest version of the drivers
Proper driver for software platform
Latest version of utilities and software
Note: Try each solution one at a time. If a solution is tried and the problem is not fixed, then the technician should totally reverse the attempted solution before proceeding to the next step.

Step 6 Pendekatan dengan pengguna
  • Closing with the customer is the final step in the troubleshooting process.
Complete the work order.
Communicate what the problem was and how it was fixed.
Have the customer test the solution and verify that the printer or scanner is working correctly.
  • Complete all documentation and prepare an invoice for the customer, if applicable.
Include the problem, the solution, the time it took to resolve the problem, and your contact information

  1. Flat bed
    Jenis ini adalah jenis yang paling banyak dijumpai, karena harganya relatif paling murah, cocok untuk penggunaan pribadi. Jenis ini dapat dicirikan dari bentuknya yang persegi panjang. Memiliki sebuah papan penutup, dan lapisan kaca tempat meletakkan gambar. Untuk menggunakannya anda harus meletakkan gambar satu persatu untuk setiap pengambilan gambar.

  2. utomatic Document Feeder
    Jenis ini memiliki kelebihan kemudahan dalam penggunaan. Anda dapat meletakkan gambar-gambar yang akan dibaca, selanjutnya alat ini secara otomatis akan mengambil sendiri gambar-gambar tersebut dan membacanya, untuk selanjutnya disimpan sebagai file dijital. Harganya sudah tentu lebih mahal dibanding jenis flat bed. Jenis ini memang cocok untuk perkantoran yang memiliki banyak gambar yang akan di-scan.


  3. andheld
    Jenis ini membutuhkan keterampilan yang lebih dari penggunanya. Pengguna dengan tangannya akan menggerakan scanner ini di atas gambar yang akan dibacanya. Karena proses pembacaan data oleh scanner sangat sensitif, maka gambar yang dihasilkan kualitasnya kurang baik, akibat kecepatan gerakan yang tidak rata. Umumnya scanner jenis ini bersifat monochrome, atau tepatnya hanya dapat menghasilkan warna hitam putih saja.

  4. Drum
    Jenis ini adalah jenis-jenis yang awal dikembangkan . Jenis ini menggunakan photomultiplier tubes (PMT) untuk membaca data gambar. Jenis ini menghasilkan kualitas yang lebih baik di banding jenis lainnya. Namun karena harganya relatif mahal, maka jenis ini sudah tidak banyak digunakan. Banyak orang beralih menggunakan jenis flatbed berkualitas tinggi. Tetapi jenis ini masih tetap digunakan oleh pihak-pihak yang membutuhkan kualitas yang baik, seperti museum atau seniman yang akan menyimpan hasil kerja seninya.

Sabtu, 17 Desember 2011

Cover Majalah Dangdut


Cara membuat cover majalah
Langkah 1
Atur dulu layout settingnya

Langkah 2
Warnailah background dan setelah itu beri teks seperti pada gambar di bawah ini

Langkah 3
Kemudian beri teks seperti pada gambar di bawah ini

Langkah ke 4
Beri foto pada gambar majalah tersebut seperti gambar di bawah ini


Rabu, 30 November 2011

membuat teks efek mafia boods


multimedia

Sejarah multimedia
·         Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia.
·         Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual connection(AVC) dan video adhapter card ps/2
·         Pada tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia dipasaran.
·         Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya dari pada media table dan grafik konvensional. pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak atau animasi dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat musik.
·         Beberapa sistem multimedia bersifat interaktif, memungkinkan pemakai memilih output dengan mouse atau kemampuan layar sentuh untuk mendapatkan dan menjalankan aplikasi itu.

Pengertian multimedia


Ø  Multi-banyak, Media-sarana berkomunikasi untuk melewatkan informasi.
Ø  Suatu sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan alat – alat lain seperti televisi, monitor video dan sistem piringan optik atau sistem stereo yang dimaksudkan untuk menghasilkan penyajian audio visual yang utuh.

Beberapa pakar mengartikan multimedia sebagai berikut :
  1. Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara,gambar dan teks (Mc Cormick,1996)
  2. Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data,media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban dkk, 2002)
  3. Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yang mengkombinasikan teks grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)
  4. Multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)

“ Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi “

Kelebihan Multimedia


Dari berbagai media informasi, multimedia memilki suatu kelebihan tersendiri yang tidak dapat digantikan oleh penyajian media informasi lainya.

Kelebihan dari multimedia adalah menarik indra dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan,suara dan gerakan.

Lembaga riset dan penerbitan komputer yaitu Computer Technology Research (CTR) menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20 %  dari yang dilihat  dan 30 % dari yang didengar. Tetapi orang mengingat 50 %  dari yang dilihat dan didengar dan 80 % dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus.
                                                             


Komponen Multimedia


Menurut James A. Senn, multimedia terbagi dalam beberapa element-element multimedia, yaitu : 

a.       Teks
Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks bergantung kepada penggunaan aplikasi multimedia.
b.      Image (grafik)
Alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas menyajikan data yang kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna. Gambar juga dapat berfungsi sebagai ikon, yang bila dipadukan dengan teks, merupakan opsi yang bisa dipilih.

c.       Bunyi (audio)
PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam multimedia melalui suara, musik dan efek-efek suara. Seperti halnya grafis, dapat membeli ataupun menciptakan sendiri.

d.      Video
Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.

e.       Animasi
Dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layer.
f.       Virtual Reality
Virtual reality merupakan penggunaan multimedia untuk penerapan secara langsung.

Software Multimedia
  1. Viewing            : Untuk melihat hasil pemgolahan multimedia (Winamp, power DVD)
2.Capturing       : Untuk mendapatkan hasil rekaman yang didapat melalui device multimedia. (software scanner, capture, camdig)
  1. Editing              : Untuk mengolah bahan multimedia menjadi senuah sajian (adobe)
  2. Authoring          : Software Multimedia untuk keperluan interaktif (director, flash)